Legenda Salatiga

Legenda Salatiga

Resensi Buku

Indonesia terkenal sebagai negara yang memiliki banyak ragam cerita rakyat seperti dongeng, legenda, hikayat, fabel, dan seba~ainya. Cerita-cerita tersebut umumnya merefleksikan kearifan lokal masyarakat setempat dan diwariskan dari generasi ke generasi secara lisan. Hal ini bisa dimengerti karena di negeri kita budaya tutur lebih berkembang daripada budaya tulis.

Hampir setiap daerah bisa dikatakan memiliki cerita rakyat sendiri-sendiri, tak terkecuali Salatiga. Namun mengingat cerita-cerita rakyat tersebut pada awalnya berkembang sebagai budaya lisan, maka tidak mengherankan ketika akhirnya terjadi distorsi cerita di sana-sini. Bahkan ada kalanya bisa muncul beberapa versi atas sebuah cerita rakyat.

Hal tersebut tidak akan terjadi mana kala kekayaan budaya tersebut didokumentasikan melalui tulisan. Oleh karena itu inisiatif Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Salatiga yang telah membukukan cerita lokal yang berjudul Legenda Salatiga ini sungguh patut diapresiasi. Saya berharap bahwa upaya ini tidak hanya berhenti sampai di sini, namun bisa dilanjutkan dengan cerita-cerita lokallainnya yang masih banyak di Salatiga.

Bila hal itu bisa dilakukan maka siapa saja dan dari generasi mana pun juga akan dengan mudah bisa melihat betapa banyak kekayaan budaya yang telah diwariskan oleh leluhur kita. Dan itu semua tentunya akan membuat kita sebagai warga Salatiga merasa bangga karenanya.

Informasi Buku

JudulLegenda Salatiga
Penulis
PenerbitKantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Salatiga
ISBN978-979-72913-6-5
Tanggal Terbit2014-07-01
Ukuran (P x L)
Berat
Jumlah Halaman28
File Download